Dzikir dan Keutamannya

Bismillahi wal hamdulillahi laa haila wa laa quwwata illa billahi. Wa shollallhu wa sallama ‘alaa man laa nabiya ba’dahu ammaa ba’du.

Para pembaca yang kami banggakan semoga rahmat senantiasa melimpah ruah kepada kita sekalian aamiin. Pada kesempatan ini kami akan sampaikan mengenai dzikir dan keutamaannya semoga nanti berkenan.

Dzikir dan Keutamaannya

Dzikir adalah perihal yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan hal itu adalah penting sekali bagi kita ummat islam baik laki maupun perempuan. Adapun mengenai dalil tentang dzikir itu banyak sekali baik dalam al-qur’an maupun dalam as-sunnah yakni dalam al-hadits. Oleh karena itu tidak ada hal sedikit pun yang diragukan.

Allah Memanggil dan Mengingatkan Untuk Berdzikir

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah banyak mengingatkan kepada kita kaum mukminin tentang dzikir. Sebagaimana diterangkan dalam firman-Nya pada surat al-Ahzaab ayat 41 sampai dengan ayat 43 yang intinya ialah; “Orang-orang beriman itu diingatkan oleh Allah agar berdzikir sebanyak banyaknya. Dan bertasbih kepada Allah baik pagi hari mau pun petang hari”.

Allah Menjanjikan Pahala bagi yang Berdzikir

Saudaraku semua muslim muslimat yang mukmin dan mukminat, perlu kita ingat bahwa Allah telah menjanjikan kepada siapapun di antara kita orang yang beriman. Yang mana ia selalu berdzikir kepada Allah Subhanahu wa T’ala, bahawa ada pahala buat Mereka yang berdzikir yang dijanjikan Allah Ta’ala. Perihal ini sebagaimana telah diterangkan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam al-qur’an surat al-Ahzaab ayat 35. Pada ayat tersebut Allah Ta’ala menjanjikan sebagai berikut ; “Orang orang yang berdzikir kepada Allah Ta’ala baik mereka itu laki-laki atau pun perempuan mereka pasti akan mendapatkan ampunan Allah dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah”.

Keutamaan Berdzikir

Adapun fadhilahnya dzikir yakni keutamaannya itu banyak sekali. Jadi keutamaan berdzikir itu antara lain adalah;

  1. Akan diingat Allah.
  2. Allah Subhanahu wa Ta’ala juga akan menyebut-nyebutnya di kalangan para malaikat.
  3. Ia akan aman dari siksa Allah kelak di akhirat.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits qudsi yang intinya seperti berikut ; “Kalimat Laa Ilaaha Illallah itu Adalah kalam Allah, kemudian kata Allah; “aku ini Allah” siapa saja yang sudah mengucapkan dzikir ; “Laa Ilaaha Illallah” maka dia akan masuk ke dalam gedung-Ku. Dan siapa orang yang sudah berada dalam gedung-Ku kata Allah, maka dia akan aman dari siksaan-Ku”. Demikian Wallahu a’lam wal muwaffiq.

Kunjungi : https://www.fiqih.co.id/