Langkah Kreatif dalam Meminimalisir Sampah

Langkah kreatif dalam meminimalisir sampah bukanlah suatu hal yang tidak mungkin unuk bisa mengurangi sampah. Kita semua pasti mengetahui kalau sampah memiliki banyak dampak buruk untuk lingkungan, tidak hanya jangka pendek namun bisa berdampak untuk jangka panjang. Seperti sampah plastik misalnya, tidak bisa langsung diurai oleh tanah dan harus menunggu ratusan tahun untuk bisa melebur.

Jika sampah hanya dibuang pada tempat sampah outdoor untuk kemudian dibuang lagi ke suatu tempat dan kemudian dari suatu tempat dibuang lagi ke tempat lainnya, hal ini tidak akan ada habisnya. Harus ada cara yang lebih efektif untuk mengatasi hal ini, seperti mengolahnya menjadi hal menarik, selain bisa meminimalisir jumlahnya hal ini pun bisa mengurangi dampak buruk sampah bagi lingkungan.

1. Mendaur ulang sampah plastik dan perca

Sampah plastik yang sulit untuk diurai, yang jika dibakar akan menyebabkan polusi udara, ternyata bisa dijadikan barang yang berguna yang bisa dijual lho. Seperti sisa bungkus kopi jika dikumpulkan satu satu bisa dijadikan tas plastik. Sementara untuk limbah kain atau kain perca bisa didaur ulang menjadi sebuah keset yang cantik, bisa pula dijadikan boneka jari asalkan jangan asal dibuang ya.

2. Media tanaman

Sampah botol plastik yang masih utuh bisa digunakan untuk media tanaman. Botol plastik hanya tinggal dilubangi sedemikian rupa untuk dimasukkan tanah ke dalamnya, jangan lupa di bagian ujung botol dilubangi untuk tali penggantung. Letakkan di sekitaran rumah supaya bisa mendapatkan udara segar setiap harinya.

3. Untuk alat edukasi

Bahaya dari sampah dan lingkungan yang tidak bersih harus diedukasikan pada masyarakat. Sampah merupakan salah satu ancaman pada lingkungan yang tidak bisa dianggap sepele. Oleh karena itu, sampah itu sendiri bisa dijadikan sebagai alat edukasi. Tapi bukan semua sampah ya, hanya yang sekiranya diperlukan saja.

Itudia beberapa cara kreatif yang bisa dilakukan untuk membantu meminimalisir sampah di lingkungan. Lingkungan merupakan aset yang berharga yang dititipkan Pencipta kepada kita, karenanya harus dan sangat perlu bagi kita untuk menjaga kelestarian lingkungan.