Pertimbangan Harga Jual dari Perumahan di Depok

Ketika hendak menjual rumah, mungkin Anda cukup bingung juga dalam menentukan harga jualnya. Apalagi jika perumahan di Depok, banyak menawarkan beragam harga yang berbeda-beda.

Pasalnya Anda juga mungkin khawatir ketika memasang harga terlalu tinggi tidak akan cepat laku. Sedangkan jika menentukan harga di bawah pasaran juga akan merugi dan tidak rela.

Untuk menetapkan harga jual rumah, sebaiknya melakukan penilaian yang mendetail mulai dari lokasi, kawasan rumah, kondisi bangunan hingga agen properti yang mungkin terlibat.

  • Cek Harga Tanah di Kawasan Tersebut

Dalam menentukan patokan harga tanah, Anda bisa mengeceknya melalui NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) di sekitar rumah tersebut. Biasanya setiap tahun juga akan menerima lembar tagihan PBB.

Nah dalam PBB itulah tertera informasi mengenai NJOP baik tanah atau bangunan. Nilai NJOP hanya digunakan untuk menentukan nilai minimum penjualannya, sedangkan orang-orang menentukan harga jual rumah 2-3 kali lipat di atas NJOP.

  • Spesifikasi Bangunan

Misalnya Anda memiliki properti perumahan di Depok berada dalam kompleks cluster yang memiliki spesifikasi rumah lebih modern lebih mudah menentukan harga jualnya.

Namun jika tinggalnya di komplek rumah dengan spesifikasi yang berbeda-beda maka harus mempertimbangkan kembali spesifikasi rumah. Mulai dari luasnya, jumlah kamar, kamar mandi, material dan kondisi rumah.

Lalu bandingkan harga rumah di pasaran untuk memperkirakan harga jual akhirnya.

  • Kelebihan dan Kekurangan Properti

Sebelum menjual rumah kepada calon pembeli, sebaiknya cek kembali kondisi rumah yang Anda miliki secara menyeluruh, tidak terkecuali area plafon dan rangka rumah. Apakah kondisi rumahnya dalam keadaan yang baik?

Jika terdapat masalah atau kerusakan bangunan segera lakukan perbaikan agar harga jualnya tetap tinggi. Kerusakan pada rumah bisa menjadi penyebab harganya turun.

  • Hubungi Agen Properti

Gunakan saja jasa agen properti jika Anda tidak ingin repot-repot mengurusi seluk beluk penjualan rumah. Biasanya agen properti lebih paham dan mengerti ketika harus menentukan harga jual rumah.

Untuk masalah komisinya, seorang broker atau agen properti meminta komisi penjualannya sebesar 2,5% dari harga jual. Selain menentukan harga jual, broker yang baik membantu secara maksimal memasarkan rumah Anda.

Menentukan harga jual perumahan di Depok bukan perkara mudah, perlu ketelitian yang cukup baik agar lebih tepat.